Majelis Talim Mahasiswa Hadirkan Alumni Rubath Tarim Hadramaut - Podium.com

Selasa, 27 Maret 2018

Majelis Talim Mahasiswa Hadirkan Alumni Rubath Tarim Hadramaut


(24/3/2018). Untuk kesekian kalinya, Lembaga Dakwah Kampus Angkatan Muda Baitul Hikmah Universitas Lambung Mangkurat (LDK AMBH ULM) kembali mengadakan Mejelis Talim Mahasiswa (MTM). Dilangsungkan di Suffah Masjid Kampus Baitul Hikmah dengan mengangkat tema, Ilmu dan Dakwah; Jalan Mulia Menuju Surga. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap Sabtu kali ini menghadirkan K.H. Mahmudi Syukri yang merupakan alumni Rubath Tarim Hadramaut Yaman dan merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Darul Muttaqin Kota Madya Batu, Jawa Timur.
           
Kegiatan yang di-launching pada 3 Maret 2018 ini terbuka untuk umum dan dimulai dari pukul 13.45 sampai kurang lebih 18.00 WITA. Pada kesempatan ini dihadiri sekitar seratusan mahasiswa, baik ikhwan ataupun akhwat. Tidak hanya dari Universitas Lambung Mangkurat, peserta juga ada yang berasal dari universitas-universitas lain yang ada di Banjarmasin.

Majelis Ta’lim Mahasiswa sendiri setiap pekan menghadirkan dua penceramah sekaligus dalam dua sesi acara. Sesi pertama dimulai dari 13.45 sampai menjelang waktu ashar dan sesi kedua dimulai bada ashar hingga selesai. Namun, dalam edisi kali ini sengaja dihadirkan satu pemateri saja karena merupakan edisi spesial yang menghadirkan penceramah lulusan Rubath Tarim Hadramaut. Tema yang dibawakan berbeda-beda tiap pekannya seperti shiroh nabawiyah, keutamaan menuntut ilmu, sistem pergaulan dalam Islam, nafsiyah islamiyah dan fiqih sholat. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya.

Salah seorang mahasiswa yang berhadir, Muhammad Hafizni mengatakan bahwa ia sengaja datang bersama teman-temannya untuk mendapatkan ilmu agama yang lebih mendalam.

“Kesini memang untuk mendapatkan ilmu agama karena ilmu agama sangat penting untuk kita semua. Sedangkan diperkuliahan sangat sedikit sekali diajarkan,” ucap mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM ini.

Taufik Hidayat selaku Ketua Umum LDK AMBH mengungkapkan bahwa kegiatan ini sengaja diadakan untuk menjawab persolan-persoalan dan kekurangan sebagai PTN umum yang mana mata kuliah Agama Islam hanya diajarkan 3 SKS saja.

“Mata kuliah Agama Islam hanya diajarkan 3 SKS saja dan di awal semester. Sehabis itu tidak ada lagi. Maka dari itu MTM hadir untuk memaksimalkan usaha dakwah kita kepada masyarakat kampus khususnya para mahasiswa dan mahasiswi agar mereka bisa menuntut dan mempelajari Agama Islam di tengah kemajuan zaman.”

Mahasiswa jurusan Sosiologi dan Antropologi ini juga berharap agar para mahasiswa khususnya yang beragama Islam bisa lebih memahami betapa sempurnanya ajaran Islam dan mampu diamalkan secara bersama-sama agar kehidupan selalu berpedoman pada ajaran Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar